Selasa, 03 April 2012

Perbedaan Bluetooth dan Wi-Fi


Belakangan kita sering mendengar istilah bluetooth dan wifi, dan ternyata masih banyak yang belum mengetahui apa itu bluetooth dan apa itu wifi. Untuk itu disini akan sedikit disampaikan mengenai perbandingan dari bluetooth dan wifi.
Bluetooth dan wifi memiliki ciri penggunaan yang khas sehingga saling melengkapi di dunia perkantoran zaman sekarang. kelebihan keduanya saling melengkapi dan kekurangan keduanya bisa saling dieliminasi.


>> Bluetooth
Bluetooth diimplementasikan pada berbagai jenis produk, seperti telepon, printer, modem, dan headset. Bluetooth cocok digunakan jika piranti yang akan dihubungkan memiliki jarak yang dekat atau sangat dekat, apabila jaraknya terlalu jauh, bluetooth juga cocok dipakai jika bandwidth yang dibutuhkan tidak terlalu tinggi.
contoh penggunaan bluetooth yang paling lazim adalah di telepon dan piranti komputer genggam. penggunaan d telepon biasanya untuk menyambungkan headset ke ponsel atau telepon utama. sementara di PC bluetooth digunakan untuk melakukan transfer file dari PDA ke PC. Buetooth lebih simpel, atau dengan kata lain tidak memerlukan proses pengaturan yang rumit, karena itu bluetooth cocok dipakai untuk piranti yang memerlukan kemudahan dalam pengaturan. Hal ini berbeda dengan wifi dimana fungsi wifi pada awalnya untuk menggantikan kartu ethernet, karena wifi memerlukan proses pengaturan yang lebih kompleks dibandingkan dengan bluetooth.

>> Wi-fi
Wi-fi menggunakan fekuensi radio seperti halnya bluetooth, namun power yang dimiliki wifi lebih banyak sehingga cocok digunakan untuk keperluan melakukan koneksi yang memelukan bandwidth kuat, seperti jaringan komputer atau membuat game jaringan.
Kekurangan wifi adalah dibuthkannya beragam pengaturan, adapun kelebihannya adalah cocok digunakan untuk membuat jaringan skala penuh. Membuat jaringan dengan wifi memungkinkan kecepatan koneksi lebih kencang dan jangkauan jaringan lebih lebar. tingkat keamanan yang dimiliki wifi juga lebih tinggi dibandingkan dengan bluetooth.

>> Perbedaan Mendasar
Persyaratan perangkat keras WiFi dan Bluetooth sangat berbeda, Melalui adapter Bluetooth Anda dapat menghubungkan perangkat satu sama lain. Sementara di WiFi jaringan Anda memerlukan titik adaptor, router dan akses untuk mengaktifkan koneksi. Bandwidth yang dibutuhkan untuk Bluetooth hanya 800 kbps dan untuk bandwidth 11Mbps WiFi membutuhkan.Jaringan WiFi menjadi ada pada tahun 1991 dan Bluetooth dalam spesifikasi 1994.The dari Bluetooth adalah SIG dan wifi IEEE, dan WECA.
Spesifikasi Bluetooth banyak karena penggunaan sangat sederhana dan berbagai perangkat dapat dihubungkan pada suatu waktu. Anda juga dapat mengganti antar perangkat melalui Bluetooth. Di sisi lain jaringan WiFi adalah jaringan yang kompleks dan sulit untuk dikonfigurasi.Anda dapat menggunakan berbagai perangkat dengan Bluetooth seperti perangkat otomatisasi, ponsel, keyboard, dan mouse. Sementara di WiFi server jaringan, desktop, dan notebook dapat digunakan. Masalah meningkatnya wifi dan Bluetooth adalah rentang karena rentang dari Bluetooth adalah 10 meter dan dibandingkan dengan Bluetooth WiFi menawarkan 100 meter untuk berbagai pengguna untuk membuatnya lebih bermanfaat bagi pengguna.
Tingkat keamanan Bluetooth dan WiFi juga berbeda satu sama lain. Bluetooth memiliki hanya 2 tingkat password untuk membungkus agak jauh dan melarikan diri waktu pengguna. WiFi adalah jaringan berisiko karena ketika banyak jaringan melekat satu sama hacker maka lain mungkin mencoba untuk mengakses ke pengguna terhubung dan jika berhasil data anda dapat dicuri.Daya yang digunakan untuk Bluetooth sangat rendah dan untuk WiFi itu harus tinggi karena WiFi memiliki jangkauan panjang konektivitas Bluetooth dan memiliki rendah. Kesamaan di kedua adalah frekuensi karena kedua teknologi memiliki frekuensi yang sama yaitu 2,4 Ghz.
Bluetooth adalah alat bukan penduduk sementara wifi peralatan perumahan dan tujuannya. Kedua teknologi adalah nirkabel tetapi untuk tujuan yang berbeda. WiFi digunakan untuk mendapatkan akses terhadap jaringan area lokal di daerah bekerja sambil Bluetooth digunakan untuk melakukan aplikasi pribadi sebagai energi pintar. Seperti kita ketahui WiFi adalah jaringan Ethernet dan pengguna harus mengkonfigurasinya untuk mendapatkan akses cepat ke internet Melalui. WiFi transformasi file menjadi mudah. Seorang pengguna juga dapat menggunakan perangkat handsfree dan headset karena memiliki hubungan yang kuat. WiFi membuktikan baik karena menyediakan jaringan kekuatan penuh untuk memungkinkan koneksi yang cepat. Sama seperti Bluetooth juga teknologi yang sangat efisien untuk transformasi data antar perangkat berikutnya sebagai telepon, modem, headset dll
Kedua teknologi berbeda karena Bluetooth adalah lambat dibandingkan dengan WiFi karena WiFi adalah teknologi tercepat karena itu WiFi juga tidak cocok dengan itu. WiFi memungkinkan pengguna lebih dan lebih untuk menghubungkan satu sama lain melalui jaringan nirkabel. Jadi bluetooth dan WiFi memiliki beberapa kemiripan namun kedua teknologi pujian satu sama lain karena fitur mereka konektivitas, berbagi, dan kecepatan. Ketika kita menggunakan kedua teknologi kita bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dan battiest dari setiap proyek. WiFi memungkinkan Anda untuk terhubung dengan internet tanpa kabel tetapi ketika Anda ada di kisaran hotspot, karena WiFi bekerja hanya dalam rentang tertentu, sementara menawarkan Bluetooth cepat bertukar data dan berbagi kesempatan printer, dll laptop Singkatnya penggunaan kedua teknologi meningkat dari hari ke hari dan keduanya memiliki sesuatu untuk melihat ke depan.



>> Perbedaan  Kemiripan 

Bluetooth
Wifi
Range:
10 meter
100 meter
Primer Perangkat:
Ponsel, mouse, keyboard, kantor dan perangkat otomasi industri
Komputer notebook, komputer desktop, server
Kemudahan Penggunaan:
Cukup mudah digunakan. Dapat digunakan untuk menghubungkan upto tujuh perangkat pada satu waktu. Sangat mudah untuk beralih di antara perangkat atau menemukan dan terhubung ke perangkat apapun.
Hal ini lebih kompleks dan membutuhkan konfigurasi hardware dan software.
Spesifikasi wewenang:
Bluetooth SIG
IEEE, WECA
Tahun pembangunan:
1994
1991
Bandwidth:
Rendah (800 Kbps)
Tinggi (11 Mbps)
Hardware persyaratan:
Bluetooth adaptor di semua perangkat yang menghubungkan satu sama lain
Wireless adapter di semua perangkat jaringan, router nirkabel dan / atau titik akses nirkabel
Biaya:
Murah
Tinggi
Konsumsi Daya:
Murah
Tinggi
Frekuensi:
2,4 GHz
2,4 GHz
Keamanan:
Hal ini kurang aman
Hal ini lebih aman



Source:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar